# Go-News

Rumah Sakit Swasta di Bekasi Tak Mampu Lagi Maksimal Rawat Pasien Corona Gejala Berat

Ruangan isolasi mandiri bagi pasien covid di stadion patriot
Ruangan isolasi mandiri bagi pasien covid di stadion patriot

Kinerja tim medis di rumah sakit swasta Kota Bekasi sudah tak mampu lagi maksimal merawat pasien positif terkonfirmasi Covid-19. Apalagi, pasien corona dengan gejala berat.

Alasan itu karena terbatasnya peralatan medis di rumah sakit.Juga ruang isolasi pasien yang kian menyusut akibat meningkatnya penularan virus asal Wuhan,China.

Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Kota Bekasi, Eko Nugroho menyampaikan, pasien dengan gejala ringan tidak membutuhkan alat apapun, hanya mebutuhkan isolasi.

“Nah, ada isolasi untuk perawatan pasien Covid dengan gejala yang berat. Itu butuh bantuan alat ventilator atau pernafasan,” kata Eko, Sabtu (12/9/2020).

Kapasitas kasur di rumah sakit swasta menyusut seiring dengan peningkatan jumlah pasien. Semula, rumah sakit menyediakan 199 kasue, kini keperluannya meningkat menjadi 464 tempat tidur.

Eko belum dapat menjabarkan berapa angka pasti jumlah ruang isolasi yang dilengkapi ventilatornya. Namun hampir sebagian besar rumah sakit yang menyediakan alat ventilator sudah penuh.

“Jadi kalau misal ada kasus berat, Kota Bekasi udah nggak bisa nampung,” tambahnya.

Salah satunya ialah ruang isolasi yang dilengkapi ventilator di Rumah Sakit Mitra Keluarga Jatiasih. Rumah sakit rujukan Covid-19 nasional itupun sudah penuh.

“Saya bisa bilang saat ini RS Mitra Keluarga Jatiasih, mereka mengkhususkan RS-nya untuk perawatan Covid karena rujukan nasional. Mereka saja sudah full saat ini, untuk pasien yang membutuhkan ventilator,” tegas dia.

(SHY)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top